Home Tips & Trik Bisnis 7 Cara Transaksi Menggunakan Kartu Kredit agar Aman

7 Cara Transaksi Menggunakan Kartu Kredit agar Aman

6 min read
0
0
85

Saat ini melakukan aktivitas jual beli menjadi semakin mudah dengan tersedianya metode pembayaran yang beragam. Selain menggunakan debet, kartu kredit juga sering dipakai ketika shopping di pusat perbelanjaan atau bahkan online store. Pihak perbankan pun ramai-ramai memberikan penawaran menarik kepada nasabahnya agar mau memakai kredit card untuk berbagai keperluan. Promosi yang gencar inilah yang membuat jumlah penggunanya semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Namun tahukah Anda bahwa setiap transaksi mengandung resiko yang cukup berbahaya?. Kejahatan kriminal yang sering terjadi belakangan ini yaitu peretasan data nasabah bank terutama yang memakai kartu kredit. Hacker tentu memiliki cara tersendiri untuk memperlancar aksinya. Tapi Anda tida perlu khawatir karena segala bentuk kriminalitas tersebut dapat dihindari dengan menggunakan beberapa cara dan tips dibawah in.

  • Mendaftarkan nomer telepon untuk transaksi perbankan

Mendaftarkan nomer telepon untuk transaksi perbankanCara paling sederhana dan mudah yaitu mendaftarkan nomer handphone untuk keperluan perbankan. Yang perlu Anda garis bawahi adalah pastikan kontak yang Anda daftarkan terus aktif untuk memudahkan proses registrasi dan pemberitahuan secara mobile.

  • Periksa laporan perbankan secara berkala

Sangat disarankan setiap bulan Anda melakukan pengecekan laporan transaksi keuangan. Periksa dengan teliti dan jika ada yang mencurigakan segera laporkan kepada pihak bank agar di tindak lanjuti secepatnya. Banyak nasabah yang mengalami kerugian akibat terlambat menyadari bahwa kartu kreditnya telah disalahgunakan oleh pihak lain. Kejahatan di dunia maya bisa terjadi pada siapa saja, jadi Anda harus tetap waspada.

  • Simpan bukti pembayaran

Tindakan pencegahan harus Anda lakukan jika tidak ingin menelan kerugian yang sangat besar. Jangan sampai tagihan membengkak padahal Anda tidak melakukan transaksi sama sekali. Karena itu saat melakukan pembayaran secara online, sebaiknya simpan buktinya dan segera konfirmasi. Dengan begitu Anda langsung bisa menutup aplikasi dan jangan lupa log off.

  • Lakukan transaksi di jaringan privat

Lakukan transaksi di jaringan privatBerbelanja secara online menjadi gaya hidup yang lagi tren saat ini. Selain kemudahan dalam membeli produk, proses pembayarannya pun sangat mudah dapat menggunakan kartu kredit. Transaksi secara online ini memang menggiurkan, namun dibalik itu semua ada serangan peretas yang bisa terjadi kapan saja. Jika Anda menggunakan wifi umum yang tidak terproteksi secara maksimal, kemungkinan data Anda tercuri cukup besar. Namun bila menggunakan jaringan privat, maka informasi akan terenkripsi sehingga kegiatan bertransaksi menggunakan kartu kredit tidak dapat terdeteksi oleh hacker.

  • Hindari menggunakan handphone saat berbelanja online

Shopping online menggunakan ponsel memang lebih mengasyikkan, selain ringan ditenteng kemana-mana Anda juga bisa memilih produk kapanpun juga tanpa terikat waktu. Namun penggunaan handphone justru rentan peretasan terutama jika Anda menggunakan akses internet di tempat umum. Untuk mengurangi resiko  tersebut sebaiknya gunakan pc atau laptop saat belanja online menggunakan kartu kredit dan pakailah jaringan privat yang bisa mengenkripsi IP sehingga data bisa tetap aman.

  • Selalu log out seusai bertransaksi

Alasan tak ingin ribet dengan tidak melakukan log out saat akan bertransaksi, dapat memberikan kesempatan kepada peretas untuk bisa mengakses data transaksi Anda. Kebiasaan yang tidak baik ini sebaiknya segera dihentikan dan setelah selesai melakukan pembayaran sebaiknya segera keluar dari aplikasi. Tidak ada ruginya Anda meluangkan waktu untuk log in sebentar asalkan keamanan kartu kredit tetap terjaga.

  • Jangan menyimpan informasi kartu kredit di situs belanja

Hampir sama dengan kasus diatas, kesalahan ini juga kerap dilakukan oleh nasabah. Saat melakukan pembayaran di online store, maka sistem akan memberikan opsi menyimpan data atau tidak. Tujuannya sebenarnya memudahkan Anda agar ketika melakukan transaksi lagi tidak perlu mengisikan data. Namun cara ini mengandung resiko besar karena data terekspose dan bisa dimanfaatkan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

Ketujuh cara yang sudah disebutkan diatas, merupakan langkah termudah yang sebaiknya Anda perhatikan saat menggunakan kartu kredit untuk transaksi pembayaran. Kejahatan di dunia cyber memang sangat sulit terdeteksi dan jangan sampai Anda baru menyadarinya saat tagihan membengkak. Gunakan kartu kredit dengan bijak dan selalu cek laporan perbankan secara berkala setiap bulannya.

Load More Related Articles
Load More By jhoniaga
Load More In Tips & Trik Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

7 Rekomendasi Brand Makeup Luar Negeri yang Super Murah!

Siapa sih yang nggak tergoda membeli produk makeup berkualitas dengan harga super murah? T…