Home travel Tips Aman Rayakan Tahun Baru yang Lebih Berkesan!

Tips Aman Rayakan Tahun Baru yang Lebih Berkesan!

9 min read
0
0
144
pesta kembang api

Setiap orang punya cara berbeda untuk merayakan tahun baru. Ada yang liburan bersama keluarga ke luar negeri. Ada yang idealis, liburan tak harus ke luar negeri tapi cukup dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di daerah Indonesia.

Namun, ada juga yang merayakan tahun baru di kota kelahirannya dengan cara yang sederhana. Apalagi banyak tempat wisata gratis tahun baru di ibukota yang bisa dikunjungi karena menawarkan berbagai hiburan yang menarik termasuk pesta kembang api yang sangat meriah.

Liburan tahun baru memang sudah menjadi budaya bangsa Indonesia dalam menyambut pergantian tahun. Liburan tahun baru memang menjadi momen-momen seru untuk turun ke jalan tanpa harus memikirkan tujuan atau latar belakang. Intinya hanya merayakan pesta kemeriahan pergantian tahun bersama-sama meskipun tidak mengenal satu sama lain.

Namun, jangan sampai pesta tahun baru membuat kita menjadi lengah. Biasanya perayaan tahun baru atau akhir tahun tingkat kejahatan semakin meningkat. Tidak berbeda jauh Ketika menjelang lebaran. Makin banyak orang yang membutuhkan dana atau biaya untuk keperluan berbagai hal. Agar tidak terjadi hal-hal diinginkan kita tetap perlu waspada meskipun larut dalam kegembiraan pesta tahun baru 2018.

  1. Waspada dengan lingkungan sekitar

membeli tiket pesawatJika kamu memutuskan membeli tiket pesawat untuk liburan tahun baru keluar negeri atau keluar kota dan harus meninggalkan rumah, ada baiknya kamu menitipkan rumah kepada orang yang kamu percaya. Minimal kamu menginformasikan kepada pihak keamanan sekitar atau pihak RT dan RW bahwa kamu akan meninggalkan rumah dalam beberapa waktu yang lama selama liburan tahun baru.

Selain itu jika kamu datang ke sebuah keramaian, waspadailah dengan tangan tangan jahil atau copet. Gunakan tas yang aman sehingga tidak mudah dikerjai oleh para Pencopet. Para Pencopet bisa berada di mana saja tak terkecuali di angkutan umum maupun di tempat-tempat ramai. Perayaan tahun baru merupakan perayaan yang diselenggarakan dan dihadiri oleh banyak orang. Momen inilah yang bisa dijadikan sebagai target oleh orang-orang yang kepentingan dan niat yang berbeda.

  1. Utamakan keselamatan

pesta kembang apiSeperti tahun-tahun bahwa pesta kembang api tahun baru kadang-kadang memakan korban. Apapun pestanya yang jelas keselamatan Bagi siapapun harus diutamakan. Sebaiknya tidak menyalakan kembang api di daerah padat penduduk.

Begitu juga jika mengendarai kendaraan bermotor atau menggunakan kendaraan pribadi. Jangan terlalu memaksakan diri jika setelah perayaan tahun baru kondisi kamu masih sangat lelah. Istirahatlah barang beberapa saat untuk memulihkan tenaga dan kesadaran. Pastikan hati-hati dalam perjalanan dan jangan pernah melanggar rambu-rambu lalu lintas.

Sebaiknya hindari konvoi dengan menggunakan kendaraan roda dua. Apalagi jika menggunakan kendaraan bak terbuka melakukan konvoi ke tengah kota. Sudah banyak korban yang jatuh akibat kecelakaan karena kecerobohan pengemudi. Namun semua itu bisa dihindari jika kita semua bisa berhati-hati dan mengukur kemampuan diri sendiri.

  1. Rayakan tahun baru di rumah bersama teman dan keluarga

nyate bersama jelang pergantian tahun baru.Merayakan tahun baru akan lebih asyik jika membawa teman-teman dekat bersama dan berkenalan dengan keluarga. Tidak ada yang lebih indah dibandingkan moment berkumpul bersama orang-orang yang paling dicintai yaitu keluarga dan para sahabat.

Ada banyak cara untuk merayakan pergantian tahun di rumah bersama keluarga dan teman-teman. Kamu bisa masak makanan atau bakar-bakar ayam. Kadang-kadang jika memang sedang mood, ada juga keluarga yang nyate bersama jelang pergantian tahun baru.

Merayakan tahun baru di rumah lebih nikmat karena tidak perlu terjebak kemacetan dan juga relatif lebih hemat dibandingkan membeli tiket pesawat liburan ke luar kota ataupun ke luar negeri. Meskipun begitu perayaan tahun baru di rumah memang akan terasa bosan juga jika dilakukan berulang-ulang. Yang jelas dalam hidup harus ada variasi.

  1. Pastikan Lokasi Berkumpul dengan mudah

Iya kamu masih tetap memutuskan untuk keluar pada saat malam pergantian tahun baru dengan teman-teman. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai terpisah. Tapi jika memang kamu berasal dari daerah yang berbeda dan harus berkumpul di titik yang sama. Pastikan titik itu diketahui oleh semua teman-teman sehingga akan lebih mudah untuk berkumpul bersama.

Dalam kondisi keramaian dan penuh dengan kemacetan, sebaiknya kamu lebih banyak bersabar dan jangan terlalu dibawa dengan emosi jika terjadi hal-hal yang tidak disengaja. Segera jauhi orang yang terindikasi mabuk minuman keras atau terindikasi hilang kesadarannya karena hal-hal yang tak diduga.

  1. Gunakan Transportasi umum lebih hemat dan anti macet

Saat perayaan tahun baru, hampir semua kendaraan keluar dan memenuhi jalan-jalan baik di kota-kota besar maupun sekitar kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Ada yang memilih menggunakan kendaraan pribadi dan tak jarang pula memilih membeli tiket pesawat demi alasan efisiensi dan praktis.

Beruntung bagi warga jakarta karena memiliki layanan anti macet bus Transjakarta yang melintasi berbagai titik-titik pergantian malam tahun baru. Ada baiknya kamu menggunakan transportasi umum dibandingkan harus terperangkap berlama-lama nama kendaraan sebelum sesi kembang api dimulai.

Jangan sampai kamu malah terjebak dalam kendaraan ketika terjadi pergantian tahun dari tahun 2017 ke 2018. Jika membawa kendaraan pribadi apalagi membawa anak-anak, pastikan untuk membawa bekal air minum dan juga bekal minuman dan makanan ringan.

Itulah tips aman rayakan tahun baru yang lebih berkesan. Apalagi jika kamu bisa merayakan di pinggir Pantai Losari Makassar sambil menikmati pisang epe bakar yang menggungah selera. Kalau mau cari hotel tinggal ke Fave Hotel Makassar saja yang tempatnya sangat strategis.

 

Load More Related Articles
Load More By jhoniaga
Load More In travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

4 Destinasi Wisata Kuliner Ikonik di Bandung yang Melegenda

4 Destinasi Wisata Kuliner Ikonik di Bandung yang Melegenda Bandung tak pernah kehabisan a…